Thursday, November 2, 2017

Pasar Faktor Produksi Tanah dan Tenaga Kerja


Pasar Faktor Produksi Alam dan Tenaga Kerja
Pasar Input atau pasar faktor produksi adalah suatu pasar yang tempat berinteraksinya permintaan dan penawaran input atau sumber daya produksi atau bisa dikatakan dari input yaitu pasar yang menyediakan faktor-faktor produksi, yang terdiri dari pasar sumber daya alam, modal, tenaga kerja dan pasar kewirausahaan.
 Faktor-Faktor Penentu Permintaan Terhadap Faktor Produksi (Input Demand Factors)
1.    Harga faktor produksi
2.  Permintaan terhadap output
3.  Harga faktor produksi yang lain
4.  Kemajuan teknologi                                                                             

1.    Pasar Faktor Produksi Tanah
Faktor produksi tanah adalah semua kekayaan alam yang terkandung dalam tanah, lautan, dan udara atau sering disebut sumber daya alam (natural resources).  
Ciri-Ciri
1) Jumlahnya tetap/terbatas
2) Penawaran tanah tetap berapapun permintaanya
3) Sifat kurva penawaran tanah inelastis
4) Harga/sewa tanah selalu meningkat
5) Balas jasa yang diberikan kepada pemilik tanah disebut sewa tanah

Karena penawaran tanah sangat tetap, harganya adalah demand determined yakni harganya ditentukan sepenuhnya oleh berapa jumlah yang bersedia dibayarkan oleh rumah tangga dan perusahaan untuk tanah itu. Hasil segala faktor produksi dlam penawaran tetap disebut sewa murni. Suatu perusahaan akan membayar dan menggunakan tanah selama penerimaan yang dihasilkan pada tanah itu memadai untuk menutup hargatanah itu.
 Teori Sewa Tanah
1)   Teori Differensial
Dikemukakan oleh David Ricardo. Menurut teori ini, tinggi rendahnya sewa tanah disebabkan karena perbedaan kesuburan tanah
2Teori Lokasi                          
Dikemukakan oleh Von Thunen Menurut teori ini, tinggi rendahnya sewa tanah selain disebabkan karena kesuburan tanah juga disebabkan perbedaan letak tanah dari pasar.

2.    Pasar Faktor Produksi Tenaga Kerja
Faktor produksi tenaga kerja adalah semua tenaga kerja baik jasmani maupun rohani, serta terdidik atau tidak terdidik, atau sering disebut dengan sumber daya manusia (human resources) yang melakukan kegiatan produksi barang/jasa. Sumber daya manusia yang berkualitas akan dapat meningkatkan produktivitas.
Tenaga kerja yang akan digunakan dalam proses produksi pada suatu perusahaan selalu mengalami peningkatan sesuai dengan peningkatan jumlah penduduk.
Permintaan tenaga kerja oleh suatu perusahaan dipengaruhi beberapa faktor di antaranya sebagai berikut.
1) Kemajuan teknologi yang dimiliki oleh suatu negara.
2) Banyak sedikitnya barang yang dihasilkan.
3) Tinggi rendahnya laba pengusaha.
4) Adanya 
investasi dari pengusaha


Kurva pada pasar faktor produksi tenaga kerja dapat digambarkan sebagai berikut.
Dari Gambar terlihat bahwa kurva penawaran tenaga kerja selalu bertambah sesuai dengan laju pertumbuhan penduduk, sehingga kurva penawaran bergeser ke kanan menjadi S’ S’. Seiring dengan ditemukannya teknologi baru, pada kurva permintaan tenaga kerja pertambahan penawarannya lebih besar daripada permintaan, sehingga upah (wage) yang diberikan mengalami penurunan dari W menjadi W1.
Keseimbangan pasar tenaga kerja terjadi apabila pada saat suatu tingkat upah, pencari kerja menerima pekerjaan dan pengusaha bersedia memperkerjakan tenaga kerja tersebut. Suatu perusahaan kompetitif akan merekrut tenaga kerja hingga titik dimana produk pendapatan marginal tenaga kerja sama dengan tingkat upahnya.


No comments:

Post a Comment